MAN 5 Agam Borong Juara di Pesantren Ramadhan Unggulan Kabupaten Agam Tingkat SLTA

Agam humas 5 April 2024.
Bulan Ramadhan tahun ini siswa MAN 5 Agam yang di dampingi oleh Yuni Elfida,M.Pmat.mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan Unggulan Kabupaten Agam yang di laksanakan di SMA 2 Lubuk Basung selama 14 hari di mulai dari tanggal 16 maret sampai tanggal 03 April 2024,untuk pembukaan acara pesantren Ramadhan Unggulan Kabupaten Agam ini di laksanakan di masjid Nurul Falah yang di buka langsung oleh KACABDIN wilayah I/ II dinas Pendidikan Sumatera Barat, yang berafiliasi dengan LPPM Agam, dan As-Salam Agam.
Untuk kegiatan di ikuti oleh sebanyak 154 siswa dari SMA 1 dan 2 Lubuk Basung, SMAK 1dan 2 Lubuk Basung, SMK Bougenvil ,SMAN 1 Ampek Nagari, SMK 1 Ampek Nagari,SMK 1 Tanjung Raya,SMA 1 Tanjung Mutiara dan MAN 5 Agam sendiri.
Dalam kegiatan ini selain pelatihan keagamaan juga di adakan perlombaan antar siswa dan antar sekolah/madrasah,lomba merupakan bagian dari kegiatan pesantren ramadhan unggulan yang melatih siswa untuk terampil,gigih,ulet dan saling membangun kepercayaan dan kerjasama di antara oara peserta lomba.Di antara lomba yang di adakan dalam kegiatan pesantren ramadhan unggulan ini adalah lomba rengking satu diikuti oleh semua peserta,lomba cerdas cermat utusan masing-masing sekolah 1 grup putra dan 1 grup putri,lomba kahoot diikuti oleh semua peserta dan hadiah lomba ini diberikan oleh LPPM( Lembaga Pembinaan Pendidikan Madani) agam .
Cabang lomba yang di menangkan oleh siswa MAN 5 Agam juara Juara 1 cerdas cermat putra dengan anggota Adryan Syah Putra,Rizki Nur Iman,Rifqy Ananda,juara 2 cerdas cermat putri dengan anggota Gusnia Dwi Yola,Najwa Putri Yoza dan Sintia Bela,lomba hafalan Ikhwan Terbaik di bawa oleh MuhammadRazaqLizar,Peserta Ikhwan Terbaik oleh Adryan Syah Putra.
Ranking di raih oleh Adryan Syah Putra juara 2 dan Rizki Nur Iman juara 3 serta lomba Kahoot memperoleh juara 1 yang di raih oleh Muhammad Hafizh Ansyori dan Adryan Syah Putra.
Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap ajaran Islam, memperkuat nilai-nilai spiritual dan moral siswa, serta menciptakan lingkungan yang mendukung bagi siswa agar lebih mendalami ajaran Islam dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan mereka. Pesantren Ramadhan Unggulan ini mencakup pembelajaran Al-Qur’an, tafsir, fiqh, akhlak, serta ibadah-ibadah sunnah seperti tarawih dan qiyamulail.

Selain itu, pesantren Ramadan Unggulan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antar siswa dan meningkatkan kebersamaan dalam menjalankan ibadah serta aktivitas keagamaan lainnya.

Dengan demikian, pesantren Ramadan Unggulan memiliki peran yang penting dalam memperkuat pendidikan agama dan moral di kalangan siswa.

Tujuan dari pesantren kilat Ramadan adalah untuk memberikan pendidikan keagamaan yang intensif selama bulan Ramadan. Berikut adalah beberapa tujuan dari kegiatan pesantren Ramadhan Unggulan Kabupaten Agam

Meningkatkan Pemahaman Agama, pesantren Ramadan unggulan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam, termasuk memahami Al-Qur’an, hadis, fiqh, dan akhlak Islam.

Memperkuat Kebiasaan Ibadah, Pesantren Ramadan  unggulan membantu siswa memperkuat kebiasaan ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur’an, dan berpuasa secara teratur.

Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan,program ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa melalui pembelajaran agama yang mendalam dan ibadah yang khusyuk.

Mengajarkan nilai-nilai Moral, program ini juga bertujuan untuk mengajarkan dan memperkuat nilai-nilai moral dalam Islam seperti kesabaran, toleransi, dan kejuruan.Kegitan pesantren Ramadhan Unggulan ini di tutup secara bersama yang dipimpin ustadz Rian.

(adek).

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Lubuk Basung, Agam Sumatera Barat, Indonesia

Cari Blog Ini

Pengikut