Pelaksanaan Proyek P5 dan P2RA di MAN 5 Agam Mendorong Suara Demokrasi dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM.


Agam,humas 18 September 2023
Pendidikan karakter dan penguatan nilai-nilai demokrasi terus menjadi fokus utama di MAN 5 Agam. Dalam upaya untuk menggalakkan suara demokrasi di kalangan pelajar, madrasah ini telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin ( P2 RA). Proyek ini diaplikasikan secara langsung dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM periode 2023/2024 yang diadakan dengan semangat demokratis dan partisipatif.

Dalam pelaksanaannya, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Berbagai kegiatan telah diadakan, seperti lokakarya, diskusi kelompok, yang mengangkat tema-tema seputar Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pelajar aktif terlibat dalam setiap tahap proyek ini, membuktikan komitmen mereka dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut.

Sementara itu, Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin memberikan fokus pada pemahaman tentang toleransi, keberagaman, dan persatuan dalam bingkai nilai-nilai Islam. Kegiatan-kegiatan seperti diskusi agama antar-pelajar telah membantu memperluas wawasan keagamaan dan memperkuat sikap saling menghormati di kalangan pelajar.

Suhermi, Kepala MAN 5 Agam, menyatakan, "Kami sangat bangga dengan dedikasi para pelajar kami dalam mengikuti Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Langkah-langkah ini tidak hanya membantu membangun karakter kuat, tetapi juga melatih mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat."

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang mengadopsi nilai-nilai demokrasi ini diharapkan akan menciptakan pemimpin yang tidak hanya berkompeten, tetapi juga memahami pentingnya mendengarkan suara semua pihak dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip keadilan dalam pengambilan keputusan.

Untuk pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM periode ini ada  tiga pasangan,paslon satu Gusnia Dwiyola dengan M.Razaq Lizar,paslon dua Sylva Febriani dengan Reyhan Alferbandes,paslon tiga Adriyan Syah Putra dengan Rizki Nur Iman,masing-masing paslon  berorasi tentang visi dan misi untuk OSIM dan madradah kedepannya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh MAN 5 Agam dalam mendorong pendidikan karakter dan penguatan nilai-nilai demokrasi, diharapkan akan lahir generasi pelajar yang memiliki integritas, semangat kebersamaan, dan kesadaran akan pentingnya peran aktif dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negara.

(adek).

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Lubuk Basung, Agam Sumatera Barat, Indonesia

Cari Blog Ini

Pengikut