Pesta Demokarasi MAN 5 Agam Sebagai Implementasi P5 Mengangkat Tema Suara Demokrasi.

Agam,humas 21 September 2023.

Organisasi Siswa Intra Madradah (OSIM) MAN 5 Agam, menyelenggarakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM periode 2023/2024 pada Kamis (21/09/2023). Pemilihan ini dilakukan melalui proses demokrasi yang memberikan kesempatan bagi setiap siswa-siswi MAN 5 Agam untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemungutan suara. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari penerapan Projek  Penguatan Profil  Pelajar pancasila ( P5). Terlihat antusiasme para siswa-siswi saat mengikuti rangkaian pemilihan di lapangan MAN 5 Agam dengan urutan jadwal yakni untuk kelas XII antara pukul 08.00 – 09.00 WIB, dilanjutkan kelas XI antara pukul 09.00 – 10.30 WIB, dan terakhir kelas X antara pukul 10.30 – 12.00 WIB. Hal ini pun di ikuti oleh seluruh majlis guru karyawan dan karyawati MAN 5 Agam.
Pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara seperti pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia dengan pencoblosan secara langsung. Kegiatan ini menggunakan prinsip demokrasi yaitu menggunakan hak yang dimiliki untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua OSIM.

Sebelum memasuki puncak kegiatan hari ini, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan beberapa kegiatan sebagai tahapan sebelum melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM.
1. Pemilihan ketua dan anggota Komisi Pemilihan OSIM (KPO)
2. Pemutakhiran data pemilih dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)
3. Pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIM serta pengumpulan berkas
4. Pemeriksaan dan verifikasi berkas bakal calon ketua dan wakil ketua OSIM
5. Pengumuman bakal calon dan penetapan nomor urut bakal calon
6. Penyampaian visi-misi bakal calon 
7. Penetapan calon ketua dan wakil ketua OSIM serta penetapan nomor urut calon
8. Kampanye terbuka
9. Debat kandidat
10. Pemilihan dan perhitungan suara
12. Pengumuman ketua dan wakil ketua OSIM terpilih periode 2023-2024.

Dari beberapa tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya, ditetapkan bahwa ada tiga pasang calon terpilih dari lima bakal calon yang ada. 
Nomor urut 1, pasangan calon Gusnia Dwi yola - M.Razaq Lizar. Nomor urut 2, Reyhan al Fernandes -Sylva Febriani, dan nomor urut 3 dipegang oleh pasangan calon Rizki Nur Iman - Adrian Syah Putra.

Adapun ketua OSIM terpilih untuk periode 2023- 2024 adalah calon no urut  3,Rizki Nur Iman dengan Adrian Syah Putra.

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh wakil kepala bidang kesiswaan Yerni Fatma  "Harapannya dengan pemilihan ini siswa dapat mendapatkan pengalaman tentang pesta demokrasi dan nantinya ketika di butuhkan di masyarakat mereka sudah siap dan sudah memahami item-item yang di lalui dalam kegiatan pesta demokrasi. Alasan dipilihnya kegitan penguatan P5 suara demokrasi adalah sebagai moment yang tepat karena pada bulan september ini bertepatan dengan agenda madrasah yakni pergantian pengurus OSIM terang wakil kepala bidang kesiswaan tersebut.
(adek).


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Lubuk Basung, Agam Sumatera Barat, Indonesia

Cari Blog Ini

Pengikut